" Selamat Datang di ideaNusantara "

Gambar sketsa di samping adalah Masjid Sultan Singapore dibangun pada tahun 1824 untuk Sultan Hussein Shah, sultan pertama di Singapura. Seratus tahun kemudian, masjid tua ini memerlukan perbaikan, rekonstruksi Masjid ini didesain oleh Denis Santry dari Swan and Maclaren, firma arsitektur tertua di Singapura. Arsitek Denis Santry mengadopsi gaya Sarasenik atau gaya Gotik Mughal, lengkap dengan menara menggantikan masjid lama yang berarsitektur Indonesia pada masjid sebelumnya dan dibangun kembali pada tahun 1932.
Setiap dasar kubah didekorasi dengan ujung botol kaca yang disumbangkan oleh umat Muslim yang kurang mampu selama masa pembangunannya.Dikukuhkan sebagai monumen nasional pada tahun 1975, masjid tersebut merupakan titik utama masyarakat Muslim di Singapura sampai saat ini.


5.3.18

MEMBUAT PERENCANAAN DENAH

Membuat Perencanaan Denah 


Sketsa Perencanaan Denah - Jasa Arsitek di Malang


Setiap konsultan arsitek selalu memiliki cara yang berbeda-beda dalam mendesain. Ada yang memulai dari membuat sketsa tampak bangunan dengan beragam style dan cara membuat sketsa. Ada yang memulai dari pen-zoningan ruang, dsb. Sedangkan saya lebih suka memulai desain dari penataan denah / ruang terlebih dahulu. 


Hampir semua project yang pernah kami kerjakan, saya yang banyak terlibat dalam mengolah perencanaan denah. Buat saya, denah adalah inti dalam suatu bangunan. Karena di dalam bangunan-lah penghuni akan lebih banyak beraktifitas, sehingga diharapkan dengan penataan denah yang baik, bisa mewadahi seluruh aktifitas penghuni bangunan dan meningkatkan kualitas hidupnya. 


Banyak klien / pemilik rumah yang tidak menyadari bahwa dalam penataan ruang, ada beberapa aspek yang harus diperhatikan, antara lain: alur aktifitas penghuni, sirkulasi, pencahayaan alami, penghawaan alami, luas lahan, anggaran / bajet, sampai dengan penataan perabot / furniture. Sehingga membuat denah tidak bisa asal-asal an dan tidak sekedar terpenuhi semua kebutuhan ruang-ruangnya. Coba anda bayangkan jika denah / penataan ruang tidak ditata dengan memperhatikan aspek-aspek di atas, bisa jadi hasilnya tidak nyaman untuk ditempati. 


Tantangan terbesar dalam menata denah sebenarnya bukan pada luasan lahan, kebutuhan ruang ataupun anggaran, namun pada kompromi pemilik rumah. Bagaimana seorang konsultan arsitek meyakinkan pemilik rumah agar mau berkompromi terhadap luasan lahan, kebutuhan ruang dan anggaran, sehingga denah atau penataan ruang yang dihasilkan menjadi nyaman untuk ditempati. 

Salam, 
Dewi - IdeaNusantara 
aryantidewi@ideanusantara.com






Related Article:

0 comments:

Posting Komentar


 

Popular Posts

DISCLAIMER :
Desain web, gambar desain dan gambar-gambar dalam web ini adalah milik ideaNusantara (Ide Media Arsitektur Nusantara). Beberapa foto bersumber dari pihak lain. Penggunaan gambar dan desain dalam web ini harap mencantumkan link www.IdeaNusantaraMalang.com
Design web by : IdeaNusantara , gambar design by: IdeaNusantara.

Total Tayangan Halaman

How We Work?

Copyright © 2010 IDEANUSANTARA | Konsultan Jasa Arsitek, Desain Interior dan Furniture di Malang. All rights reserved.
Themes by Ide Media Arsitektur Nusantara >