" Selamat Datang di ideaNusantara "

Gambar sketsa di samping adalah Masjid Sultan Singapore dibangun pada tahun 1824 untuk Sultan Hussein Shah, sultan pertama di Singapura. Seratus tahun kemudian, masjid tua ini memerlukan perbaikan, rekonstruksi Masjid ini didesain oleh Denis Santry dari Swan and Maclaren, firma arsitektur tertua di Singapura. Arsitek Denis Santry mengadopsi gaya Sarasenik atau gaya Gotik Mughal, lengkap dengan menara menggantikan masjid lama yang berarsitektur Indonesia pada masjid sebelumnya dan dibangun kembali pada tahun 1932.
Setiap dasar kubah didekorasi dengan ujung botol kaca yang disumbangkan oleh umat Muslim yang kurang mampu selama masa pembangunannya.Dikukuhkan sebagai monumen nasional pada tahun 1975, masjid tersebut merupakan titik utama masyarakat Muslim di Singapura sampai saat ini.


24.11.11

Renovasi Rumah Tinggal 1 Lantai di Wlingi


Project Renovasi Rumah Tinggal kali ini berlokasi di kota Wlingi-Jawa Timur. Kondisi eksisting merupakan rumah tinggal kuno, dengan ciri khas plafon yang tinggi, tebal dinding hingga 2 bata, kavling tanah yang luas(luas tanah 640m2). Pemiliknya menginginkan sebagian besar dinding bangunan lama tetap dipertahankan(mengingat pada kualitas batu bata bangunan lama yg cukup bagus).
Pemilik menginginkan taman belakang yang luas, karena nantinya rumah ini menjadi tempat berkumpulnya Keluarga Besar.

Walaupun menginginkan Rumah Tinggal bergaya Modern, namun Keluarga ini tidak menginginkan tampilan bangunan rumahnya menjadi berbeda 180 derajat dengan lingkungan tempat tinggalnya.



Foto Kondisi Eksisting


Penataan ruang pada desain rumah tinggal ini menggunakan sistem zona publik dan privat. Ruang tamu didesain cukup besar, karena aktivitas budaya di lingkungan rumah ini masih mempertahankan budaya "Pengajian rutin", Rukun Kifayah dsb. Kegiatan tersebut rutin dilakukan masyarakat setempat secara bergiliran, sehingga untuk mengakomodasi aktivitas ini, harus disediakan tempat yang berada pada zona publik.

Rumah tinggal ini di desain untuk mendapatkan penghawaan yang maksimal, karena pemilik tidak menginginkan adanya penggunaan AC. Kota Wlingi sendiri (menurut Kami) termasuk kota yang bersuhu udara lumayan panas (walaupun tidak sepanas Surabaya).


Desain Denah


ruang makan

Saat artikel ini Kami posting, tahap pembangunan masih mencapai 30 persen. Sehingga belum bisa kami tampilkan disini. Ulasan tentang desain interior rumah ini akan kami posting secara terpisah, menyesuaikan dengan tema Interior yang akan kami bahas.

Semoga desain rumah tinggal kali ini memberi inspirasi bagi Anda pengunjung website Kami www.IdeaNusantaraMalang.com

Salam, tim IdeaNusantara Malang


Related Article:

0 comments:

Posting Komentar


 

Popular Posts

DISCLAIMER :
Desain web, gambar desain dan gambar-gambar dalam web ini adalah milik ideaNusantara (Ide Media Arsitektur Nusantara). Beberapa foto bersumber dari pihak lain. Penggunaan gambar dan desain dalam web ini harap mencantumkan link www.IdeaNusantaraMalang.com
Design web by : IdeaNusantara , gambar design by: IdeaNusantara.

Total Tayangan Halaman

How We Work?

Copyright © 2010 IDEANUSANTARA | Konsultan Jasa Arsitek, Desain Interior dan Furniture di Malang. All rights reserved.
Themes by Ide Media Arsitektur Nusantara >