" Selamat Datang di ideaNusantara "

Gambar sketsa di samping adalah Masjid Sultan Singapore dibangun pada tahun 1824 untuk Sultan Hussein Shah, sultan pertama di Singapura. Seratus tahun kemudian, masjid tua ini memerlukan perbaikan, rekonstruksi Masjid ini didesain oleh Denis Santry dari Swan and Maclaren, firma arsitektur tertua di Singapura. Arsitek Denis Santry mengadopsi gaya Sarasenik atau gaya Gotik Mughal, lengkap dengan menara menggantikan masjid lama yang berarsitektur Indonesia pada masjid sebelumnya dan dibangun kembali pada tahun 1932.
Setiap dasar kubah didekorasi dengan ujung botol kaca yang disumbangkan oleh umat Muslim yang kurang mampu selama masa pembangunannya.Dikukuhkan sebagai monumen nasional pada tahun 1975, masjid tersebut merupakan titik utama masyarakat Muslim di Singapura sampai saat ini.


3.2.09

Tips Menghitung Ubin Yang Dibutuhkan


Menghitung jumlah ubin yang dibutuhkan dalam suatu ruangan memang gampang-gampang susah. Tidak hanya sekedar menghitung luasan ruang, karena dalam pemasangan sering terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya ubin pecah, terdapat cacat pada ujung ubin, ataupun pemotongan ubin karena mengikuti bentuk ruang, dsb.
Hal ini harus diperhatikan dengan melebihkan jumlah ubin yang harus dibeli, namun jangan berlebihan sehingga banyak ubin yang tidak terpakai dan mengakibatkan pemborosan.



Posisi lurus/sejajar bentuk ruang



Posisi diagonal terhadap bentuk ruang

1. Jika anda memasang ubin dengan posisi lurus dengan bentuk ruang, maka idealnya dilebihkan 1 – 2 % dari total kebutuhan.
2. Jika anda memasang ubin dengan posisi diagonal dengan bentuk ruang, maka idealnya dilebihkan sampai 4% dari total kebutuhan.
3. Umumnya jika kita membeli 1 kotak ubin biasanya bisa untuk menutup ruang seluas 1m². Misalnya : sebuah ruang luasnya 50m², maka dibutuhkan ubin sebanyak 50 kotak (1 kotak = 1m²). Jika ubin dipasang lurus dengan bentuk ruang maka untuk kelebihan membutuhkan 1% dari jumlah total yaitu 1% x 50 kotak = 0.5 kotak. Karena kita tidak bisa membeli setengah kotak, maka kita hitung menjadi 1 kotak. Jadi total yang harus dibeli sebanyak 51 kotak.
4. Untuk pemasangan ubin sebaiknya dimulai dari bagian depan mengarah ke belakang. Hal ini dilakukan untuk meletakkan ubin yang utuh di bagian depan dan ubin yang dipotong di letakkan di bagian belakang. Namun, jika anda ingin memasang ubin dengan pola tertentu dan harus simetris maka mulailah dari tengah-tengah ruangan.




Related Article:

0 comments:

Posting Komentar


 

Popular Posts

DISCLAIMER :
Desain web, gambar desain dan gambar-gambar dalam web ini adalah milik ideaNusantara (Ide Media Arsitektur Nusantara). Beberapa foto bersumber dari pihak lain. Penggunaan gambar dan desain dalam web ini harap mencantumkan link www.IdeaNusantaraMalang.com
Design web by : IdeaNusantara , gambar design by: IdeaNusantara.

Total Tayangan Halaman

How We Work?

Copyright © 2010 IDEANUSANTARA | Konsultan Jasa Arsitek, Desain Interior dan Furniture di Malang. All rights reserved.
Themes by Ide Media Arsitektur Nusantara >