" Selamat Datang di ideaNusantara "

Gambar sketsa di samping adalah Masjid Sultan Singapore dibangun pada tahun 1824 untuk Sultan Hussein Shah, sultan pertama di Singapura. Seratus tahun kemudian, masjid tua ini memerlukan perbaikan, rekonstruksi Masjid ini didesain oleh Denis Santry dari Swan and Maclaren, firma arsitektur tertua di Singapura. Arsitek Denis Santry mengadopsi gaya Sarasenik atau gaya Gotik Mughal, lengkap dengan menara menggantikan masjid lama yang berarsitektur Indonesia pada masjid sebelumnya dan dibangun kembali pada tahun 1932.
Setiap dasar kubah didekorasi dengan ujung botol kaca yang disumbangkan oleh umat Muslim yang kurang mampu selama masa pembangunannya.Dikukuhkan sebagai monumen nasional pada tahun 1975, masjid tersebut merupakan titik utama masyarakat Muslim di Singapura sampai saat ini.


24.2.09

Dimana Letak Kamar Pembantu di Rumah Anda?

Pertanyaan sederhana yang kadang luput dari perhatian kita. Terkadang saya suka sedih melihat desain rumah yang tidak terlalu memperdulikan kamar pembantu. Kamar pembantu seperti dipaksakan “ada”, tanpa memperhatikan aspek-aspek kesehatan bagi si penghuni kamar. Masalah yang sering muncul adalah kamar pembantu jarang yang memiliki jendela ataupun ventilasi yang mencukupi sebagai pertukaran udara dan masuknya sinar matahari. Lalu, bagaimana solusi masalah tersebut?

1. Usahakan mempunyai rencana jangka panjang pada penataan ruang rumah anda, seiring dengan bertambahnya anggota keluarga, baik itu semakin besarnya anak-anak, saudara atau orang tua yang ikut tinggal bersama ataupun seorang pembantu rumah tangga, yang tentunya memerlukan ruang-ruang tambahan. Rencana itu akan memudahkan anda jika suatu saat ingin menambah ruang, sehingga anda tidak perlu merenovasi total.
2. Usahakan untuk memiliki ruang kosong yang suatu saat bisa digunakan sebagai kamar pembantu. Seandainya anda belum berencana menggunakan jasa pembantu, ruangan itu bisa digunakan sebagai ruang penyimpanan (gudang bersih) yang bisa anda gunakan untuk menyimpan mainan anak, buku-buku, perabot pecah belah ataupun penyimpanan kain-kain sprei, gorden, dsb.
3. Perhatikan aspek kesehatan pada kamar pembantu. Perhatikan juga luasannya, setidaknya bisa untuk menempatkan sebuah ranjang, lemari pakaian dan sebuah meja kecil.
4. Jika keadaan keuangan tidak memungkinkan untuk menambah ruang ataupun keterbatasan lahan, sedangkan anda memerlukan jasa pembantu, anda bisa menggunakan jasa pembantu yang tidak perlu menginap (pagi-sore), anda cukup menyediakan ruang untuk istirahat dengan menggunakan ruangan apa saja di rumah anda yang cukup memadai untuk sekedar melepas lelah pembantu anda.


Contoh desain :
Letak kamar pembantu disamping garasi memudahkan pembantu untuk membuka pagar depan, selain itu letaknya juga tidak terlalu jauh dengan area servis yaitu : dapur, ruang cuci dan ruang setrika. Selain itu pembantu juga masih memiliki privasi karena kamarnya yang terpisah dengan rumah inti. Namun, aspek kesehatan juga terjaga karena kamarnya berhadapan langsung dengan taman kecil sebagai arah bukaan.



Related Article:

0 comments:

Posting Komentar


 

Popular Posts

DISCLAIMER :
Desain web, gambar desain dan gambar-gambar dalam web ini adalah milik ideaNusantara (Ide Media Arsitektur Nusantara). Beberapa foto bersumber dari pihak lain. Penggunaan gambar dan desain dalam web ini harap mencantumkan link www.IdeaNusantaraMalang.com
Design web by : IdeaNusantara , gambar design by: IdeaNusantara.

Total Tayangan Halaman

How We Work?

Copyright © 2010 IDEANUSANTARA | Konsultan Jasa Arsitek, Desain Interior dan Furniture di Malang. All rights reserved.
Themes by Ide Media Arsitektur Nusantara >