" Selamat Datang di ideaNusantara "


Studio Arsitektur Idea Nusantara, merupakan penyedia jasa desain arsitektur di kota Malang.
Konsep Idea Nusantara adalah "one stop design", mulai dari tahap desain sampai tahap pelaksanaan. Kami juga menyediakan jasa desain dan pembuatan elemen interior dan furniture.





23.11.08

Mengganti Sendiri Lantai Keramik


Mungkin Anda punya keinginan untuk mengganti lantai keramik rumah dengan yang baru, tapi masih memperhitungkan biaya yang mahal dan waktu karena harus membongkar lantai keramik lama. Mengganti keramik rumah memang bisa dibilang menghabiskan anggaran yang tidak sedikit. Ini karena Anda harus membongkar dulu keramik lama sebelum menggantinya dengan yang baru. Selain itu debu dan sisa material pada saat pekerjaan pembongkaran sangat mengganggu aktifitas rumah tangga.
Sebenarnya ada cara yang lebih mudah untuk mengganti keramik lama dengan yang baru tanpa memakan banyak biaya dan waktu, yaitu dengan menggunakan semen instant.

Alat dan bahan yang digunakan :
1. semen instant
2. trowel
3. palu karet
4. tempat adukan semen
5. cetok
6. waterpass
7. kape
"Pertama-tama, bersihkan dulu lantai lama dengan kain untuk menghilangkan kotoran (minyak, debu, dll). Lalu tuangkan adukan semen instant di atas keramik lama, kurang lebih setebal 1cm dengan bantuan cetok atau flat trowel.
Setelah permukaan keramik lama tertutup adukan semen, sisir dengan menggunakan trowel. Saat menyisir jangan terlalu dalam, dan usahakan posisi trowel miring, sehingga tidak menyentuh permukaan keramik lama.
Kemudian pasanglah keramik yang baru di atasnya. Agar dapat melekat dengan kuat dan merata, ketok-ketoklah permukaan keramik dengan palu karet. Jika keramik yang Anda gunakan berukuran besar, sebaiknya bagian belakang keramik juga diberi adukan semen. Terakhir, bersihkan nat yang terisi semen dengan menggunakan kape."

Memang langkah ini mengharuskan Anda sedikit memotong bagian bawah daun pintu karena permukaan lantai akan bertambah tinggi. Akan tetapi jika dihitung-hitung, biaya yang dikeluarkan masih lebih kecil dibandingkan bila anda membongkar keramik lama. Hal penting yang harus diingat, langkah ini dapat dilakukan apabila permukaan lantai keramik lama masih rata, dan masih melekat dengan baik.
Keramik yang akan dipasang jangan direndam dulu didalam air, agar kandungan airnya tidak tinggi, sehingga cepat kering dan dapat menempel dengan baik.

"Semoga cara ini dapat membantu Anda dalam merenovasi rumah Anda"



Related Article:

2 comments:

Anna 'dTeepZ mengatakan...

wah artikelnya informatif bangett neh....anna juga ada plan ganti nih....tp ms memperhitungkan biaya...he..he..he...

selaput dara buatan mengatakan...

terima kasih banyak sudah membagi ilmunya.

Posting Komentar


 

Popular Posts

Subscribe Us!